Memarahi anak di pagi hari?

Published June 14, 2012 by dita8

“itu makannya udah mama bilang, nyiapin segala sesuatu dari malam. ini udah mau berangkat baru nyari-nyari (dengan nada tinggi dan lantang)”.
Pernahkah bunda seperti itu?
Ya, itu lah salah satu kalimat yang paling sering terlontar oleh para bunda di pagi hari kepada anak-anaknya. Percakapan itu biasanya terjadi apabila melihat anak gerasak-gerusuk dan tidak siap untuk berangkat sekolah ataupun mau berangkat kemanapun (memang itu adalah kesalahan anak). Karena keadaan ini “CEREWET” “PEMARAH” “PENGATUR” menjadi CAP yang lekat di diri seorang bunda.

Tapi,,,,,
Tahukah bunda, memarahi anak di pagi dapat menurunkan semangat dan konsentrasi belajar seorang anak selama satu hari. Anak akan merasa jenuh dan merasa hari yang paling tidak menyenangkan. Menurut pengalaman pribadi dan hasil survey ke beberapa anak (sekalian ketika ngambil data pas penelitian) anak-anak yang mendapatkan “SEMBURAN OMELAN” di pagi hari merasa malas pergi sekolah dan tidak semangat untuk belajar. Selain itu, omelan di pagi hari mengurangi nafsu makan anak-anak. Seperti ilustrasi pada gambar diatas. Dan tahukan bunda, semakin sering anak dimarahi maka sikap cuek dan tidak perduli anak akan semakin tetap ada malah bisa jadi akan selit berubah. hal ini dikarenakan anak merasa sudah kebal dengan omelan orang tua di pagi hari (dalam arti mereka sudah memiliki coping strategy sendiri).

Jadi apa yang harus bunda lakukan???

Ada beberapa hal yang dapat bunda lakukan:
1. Buatlah perjanjian atau peraturan atau kesepakatan dengan menyertakan anak mengenai selalu mempersiapkan segala sesuatu di malam hari sebelum berangkat atau berpergian. Serta tidak lupa untuk membuat kesepakatan konsekuensi apa yang akan diterima anak apabila melanggar kesepakatan
2. Apabila anak melanggar kesepakatan untuk pertama kali, maka bunda sebaiknya tidak langsung memberikan hukuman ataun omelan. akan tetapi tegurlah terlebih dahulu dan menanyakan alasan.
3. Mulailah pagi dengan senyum ketika melihat anak bunda. Senyum dipagi hari dapat membangkitkan semangat di satu hari dan perasaan bahagia serta melancarkan pekerjaan.
4. Berilah kepercayaan pasti kepada anak.
5. Ajarkan anak untuk selalu membuat agenda besok serta mencatat keperluan apa saja yang akan di bawa dan ditempelkan di papan pengumuman di dalam kamar anak.
6. Selalu Positive Thinking ya bunda.. ^^

Anak semangat akan memiliki prestasi yang baik.. ^^

Selamat mencoba bunda…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: