Pengelolaan keuangan keluarga

Published September 9, 2012 by dita8

Bulan Ramdhan lalu tiap hari InsyaAlloh selalu menyaksikan Chating dengan Ustad Yusuf Mansur di salah satu stasiun televisi (ANTV). Nah ada salah satu materi yang paling aku ingat, karena materinya sangat menarik, sampai-sampai aku catat dan beberapa aku jadikan tweet. Nah adapaun sebagian isi materi tersebut aku jadikan sebuah deskripsi dalam bentuk gambar.

Menurut ustad Antonio, sebenarnya uang yang kita dapat tiap bulannya biasa kita atur sedemikian rupa sehingga kita tetap bisa berinfak, berinvestasi dan menabung. Sayangnya, akhir-akhir ini kita sering lupa caranya atau tahapannya bagaimana. Apa yang harus kita keluarkan terlebih dahulu, atau bagaimana cara membaginya. Tapi yang paling penting, JANGAN LUPA UNTUK MENGELUARKAN HAK ORANG LAIN SETIAP BULANNYA. Okeh, di bawah ini ada piramida tahapan pembagian keuangan seseorang. Nah jadi, bukan hanya kebutuhan saja yang ada pembagiannya (Piramida Mashlow), tapi pembagian keuangan juga ada.

okeh bagaimna bentuk piramidanya??
ini dia

tahapan pembagian keuangan

Nah itu dia piramidanya.

>>> Pemahamannya, jadi pembagian keuangan itu di awali dengan mengeluarkan ZISWAF kita dulu. Tenang, mengeluarkan ZISWAF itu gak buat kita bangkrut, malahan uang kita bisa bertambah (INSYAALLOH). Setiat kita memberikan 1 di jalan Alloh maka Alloh akan membalas 10 kali lipatnya. INGAT!!!! dan mengeluarkan itu bagian sebelum kita menggunakan untuk yang lain ya.

>>> Okeh, setelah itu kita keluarkan tuh untuk saving kita. untuk jaga-jaga. ya 3-4 % dari uang yang kita punya. Karena minimal nih, kita punya saving 15 juta. Untuk apa?
1. jaga-jaga kalau kita sakit
2. jaga-jaga kalau ada yang harus dibayar dan mendadak sedangkan gaji kita gak ada
3. mana tau kita mau naik haji. ehhhh uangnya harus nambahin 5 juta. kan lemayan tuh, untung punya saving

>>> let’s go, selanjutnya kita sisihkan uang kita untuk investasi. investasi sangat penting, soalnya gak selamanya kan kita kerja di gaji orang atau gak selamanya usaha kita satu itu lancar. jadi penting untuk punya investasi lainnya.

>>> Nah, yang terakhir baru kita gunakan untuk kebutuhan kita sehari hari. mulai dari bayaran apapun, makan, pakaian ataupun yang lainnya..

Nah sekarang taukan gimana cara kita ngebagi itu uang gaji tiap bulannya. asalkan kita tau caranya pasti uang yang kita terima bakalan cukup untuk biaya hidup kita selama sebulan. Ada pepatah bilang manusia itu kalau udah berurusan dengan uang maka kalimat yang keluar “KURANG CUKUP, LEBIH KURANG”. dan selalu ingat ZISWAF sebaiknya jangan pernah lupa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: