Hari gini belum tau IKK?? Kemana aja?

Published October 24, 2012 by dita8

“Lagi-lagi karena mayor” ungkap beberapa orang yang tidak bisa lulus kerja karena mayor yang kurang terkenal. Maklum mayor baru.

Kasus yang sama dengan cara yang berbeda. A (Petugas suatu perusahaan) dan B (mahasiswa/i dari mayor X)

A: “Jurusan apa dek?”

B: “Jurusan X pak.”

A: “Jurusan X? emang ada ya jurusan X? belajar apa aja itu?”

B: “Ada pak, di universitas Z ada jurusan X, masih baru pak”.

A: “ooo, ya udah ikutan aja ngelamar pekerjaan ini, mana tau jebol.”

B: “aamiin pak, makasih pak”

Kedua kondisi tersebut merupakan cerita mengenai para pencari kerja yang berasal dari jurusan baru yang belum terlalu dikenal dan meluas namanya, yang sering di tolak karena jurusan tersebut belum terkenal.  Pihak yang tidak diterima disalah satu perusahaan terkenal karena jurusannya sebenarnya salah siapa sih?

Salah orangnya kenapa milih juruan yang baru dan kurang dikenal?

Salah jurusannya kenapa kurang dikenal?

Atau jangan-jangan salah perusahaannya kenapa tidak mencari jurusan baru yang berkompeten yang memang belum terkenal?

Kita pilih alasan ke tiga. Kenapa orang-orang yang berasal dari jurusan yang berkompeten dan belum dikenal tidak bisa bersaing dengan jurusan lain karena salah perusahaan kenapa mereka tidak mencari jurusan baru yang ada di Indonesia ini. Bukan salah orang yang telah memilih jurusan tersebut. Baiklah terlalu banyak pembuka untuk membahas topik satu ini.

Ada yang tau Ilmu Keluarga dan Konsumen??

Belum tau? Kemana aja? Sekarang udah tahun 2012 loh, wong gubernur Jakarta aja udah ganti (#gak nyambung ^^).

Ok, karena banyak yang belum tau, aku akan menjelaskan mengenai apa itu Ilmu Keluarga dan Konsumen. aku ngopas beberapa info langsung dari web IKK : ikk.fema.ipb.ac.id (silahkan mengunjungi untuk mengetahui lebih lanjut)

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) merupakan salah satu departemen baru di IPB dengan mandat keilmuan untuk mengembangkan ilmu dan teknologi di bidang keluarga dan konsumen untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga dengan memfokuskan pada pengembangan kualitas anak serta pemberdayaan keluarga dan konsumen.  Walaupun secara historis, pengembangan Departemen IKK berakar pada bagian atau Departemen Ilmu Kesejahteraan Keluarga (yang juga disingkat IKK), Departemen IKK yang baru sangat berbeda dengan Departemen IKK yang lama.  Departemen IKK lama telah berkembang menjadi Departemen Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga (GMSK) dan kemudian berkembang lagi menjadi Departemen Gizi Masyarakat dan Departemen IKK baru.  Hal yang sama dari departemen IKK baru dan lama adalah pada perhatian yang besar terhadap aspek kesejahteraan keluarga.

Departemen IKK menggunakan pendekatan ilmu yang berbeda dengan Departemen IKK yang lama, walaupun dengan misi yang sama untuk mengkaji perilaku keluarga dalam mencapai tingkat kesejahteraan yang diinginkan.  Penggunaan pendekatan ilmu yang baru ini sesuai dengan perkembangan ilmu yang terjadi.  Ilmu dasar yang diperlukan untuk memahami bidang kajian keluarga dan konsumen meliputi: psikologi, sosiologi, komunikasi, manajemen dan ekonomi.  Sesuai dengan SK Rektor tahun 2005 Departemen IKK memiliki mandat untuk pengembangan ilmu dan teknologi di bidang keluarga dan konsumen untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga dengan menfokuskan pada pengembangan kualitas anak serta pemberdayaan keluarga dan konsumen.

Staff pengajar di IKK merupakan dosen-dosen berkompeten di bidangnya masing-masing, dan kebanyakan dari mereka sudah terkenal loh, malah menjadi dosen undangan di universitas luar negeri dan alam negeri. mau tau siapa saja? ini dia… ^^

  1. Alfiasari, SP., M.Si (IPB), Sosiobudaya Pengasuhan
  2. Diah K. Pranadji, Ir., MS., Dr. (IPB), Pendidikan/Konsultasi Keluarga
  3. Dwi Hastuti,  Ir., M.Sc. Dr. (UPLB PH, IPB),  Perkembangan Anak 
  4. Euis Sunarti, Ir., MS., Dr. (IPB), Ketahanan Keluarga
  5. Hartoyo, Ir., M.Sc.. Ph.D.  (Virginia Tech, AS), Ekonomi Keluarga/ Manajemen Sumberdaya Keluarga
  6. Herien Puspitawati, Ir., M.Sc., M.Sc., Dr. (Iowa State Univ AS,IPB), Gender/Sosiologi Keluarga
  7. Irni Rahmayani, SP., MM. (IPB), Manajemen Keuangan
  8. Istiqlaliyah, Ir., M.Si., Dr. (IPB), Ekonomi/Kesejahteraan Keluarga
  9. Lilik Noor Yuliati, Ir., MSFA., Dr. (UP-Diliman PH, IPB), Pendidikan Konsumen/Kewirausahaan
  10. M.D. Djamaludin, Ir., M.Sc. (UPLB PH), Komunikasi/Pemasaran Sosial
  11. Megawati Simanjuntak, SP., M. Si (IPB), Perilaku Konsumen
  12. Melly Latifah, Ir., M.Si.  (UI), Psikologi Perkembangan Anak
  13. Neti Hernawati, SP., M.Si. (IPB, UI), Psikologi Pendidikan
  14. Ratna Megawangi, Ir., M.Sc., Ph.D.  (Tufts Univ, AS), Keluarga/Pendidikan Karakter
  15. Retnaningsih, Ir., MS. (IPB), Riset Konsumen
  16. Tin Herawati, SP., M.Si. (IPB), Perkembangan Keluarga
  17. Ujang Sumarwan, Ir., M.Sc., Ph.D. (Iowa State Univ, AS),  Prof. Perilaku/Riset Konsumen

IKK memiliki 3 bagian keilmuan yang memiliki prospek bagus untuk kedepannya. yaitu:

 1.  Nama Bagian: Ilmu Keluarga
Mandat bagian: Mempelajari dan mengembangkan paradigma keilmuan keluarga dalam rangka penguatan institusi keluarga
Ruang Lingkup: Teori keluarga, Perkembangan keluarga, Harmonisasi gender dalam keluarga, Upaya pemberdayaan keluarga, dan Ekologi keluarga

2.    Nama Bagian: Perkembangan Anak
Mandat bagian: Mengembangkan keilmuan perkembangan anak secara holistik meliputi aspek fisik-motorik, sosial-emosi, kecerdasan-kognitif dan moral-karakter untuk mewujudkan anak yang berkualitas
Ruang Lingkup: Tumbuh Kembang Anak : Permasalahan dan kendala, Kecerdasan kognitif dan prestasi akademik, Kecerdasan emosi anak, pengasuhan, Stimulasi psikososial pada anak, Perilaku anti sosial anak, Emotional Bonding ibu dan anak, Perkembangan anak dengan kebutuhan khusus

3.    Nama Bagian: Ilmu Konsumen dan Ekonomi Keluarga
Mandat bagian: Mempelajari dan mengembangkan keilmuan konsumen dan perilaku ekonomi keluarga dalam pengalokasian sumberdaya untuk mencapai tingkat kesejahteraan
Ruang Lingkup: Perilaku konsumen, Perlindungan/pendidikan konsumen, Manajemen sumberdaya keluarga, Perilaku ekonomi keluarga, Kesejahteraan keluarga

Nah itu dia sedikit mengenai IKK. Sekarang sudah tau kan? Kalau mau tau lebih lanjut mengenai IKK, semua bisa langsung mengunjungi web IKK atau langsung datang ke IPB, atau bisa menghubungi saya lewat Twitter saya @dita_8 atau Facebook: Dita Putri Astrini . Saya akan menjawab mengenai IKK itu apa? bagaimana prospek kerjanya? dll. dan inilah “we are a blue team”

Family and Consumer science 2008

9 comments on “Hari gini belum tau IKK?? Kemana aja?

  • jadi inget status wangi…
    Waktu ngelamar kerja, di minor ada perkembangan anak..
    terus ditanya deh. apa hubungannya ilkom sama perkembangan anak.. =D

      • kalo mau kasih analogi ke jurusan lain di univ lain yang agak2 mirip dan udah dikenal ta…
        Jadi lebih gampang ngejelasinnya.. =D

        kasih aja istilah psikologi keluarga,
        atau ilmu manajemen,
        gitu2 =D

      • karena tidak ada yang sama itu makannya harus dijelaskan sejelas-jelasnya. kami tidak sama dengan psikologi, kami juga tidak sama degan manajemen, begitu pula dengan komunikasi kami berbeda. karena kami ILMU KELUARGA DAN KONSUMEN, jurusan baru yang memiliki prospek bagus. aka, tetapi sayangnya banyak yang belum tau dan gak mau tau. ^^

      • hihi..
        okok,,
        bilang gak sama..
        tapi kira2 serumpun gak..?

        biar gak salah kaprah,
        kayak ilkom yang selalu dipertanyakan kenapa di ipb ada ilkom =D

  • salam kenal ka, tahun ini saya akan berjuang habis2an untuk masuk ikk atau skpm ipb. mhon doanya ka!
    syukran katsiran:)

  • Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: