Menghargai dan Mencintai Pasangan Anda

Published February 3, 2014 by dita8

Bagaimana sih cara menghargai dan mencintai pasanganmu?

Sebenarnya tulisan mengenai cara menghargai dan mencintai pasangan sudah banyak sekali di buat. Namun terkadang banyak sekali yang terlihat terlalu memaksa dan sepertinya sulit untuk dilakukan oleh sebagian pasangan. Hal dikarenakan sebagian pasangan tersebut memiliki kendala pada kurangnya waktu atau juga kurangnya kemampuan financial yang dimiliki.
Oleh karena itu ada sebagian pasangan yang merasa bingung, bagaimana ya caranya agar dapat menghargai dan mencintai (menunjukkan rasa cinta) terhadap pasangan dengan cara yang mudah dan tidak dengan biaya yang besar. Berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan berdasarkan hasil survei (bertanya dengan yang sudah menikah, melihat kondisi lingkungan sekitar, dan hasil konseling beberapa pasangan lainnya), yaitu:

1. Jujurlah kepada pasangan anda dengan membangun komunikasi yang terbuka.
Berkata atau bercerita secara jujur kepada pasangan anda merupakan salah satu atau hal terpenting untuk terciptanya rasa saling menghargai. Bangun komunikasi secara terbuka dengan pasangan anda, sediakan waktu untuk dapat saling berbicara membahas sesuatu mengenai apapun. Pada tulisan-tulisan sebelumnya sudah dijabarkan mengenai komunikasi terbuka.🙂
Bersikap mengahrgai tidak selalu dengan memberikan hadiah, atau pun hal hal lain sebagai penghargaan. Tapi dengan berbicara jujur sehingga tidak ada rahasia sudah termasuk mengahrgai pasangan.

2. Lakukan hal-hal kecil secara bersama-sama.
Saat ini sebagian pasangan muda yang ada merupakan para pekerja aktif, dalam arti kedua sejoli merupakan seorang karyawan dengan waktu yang banyak terpakai untuk pekerjaan atau berada di lingkungan pekerjaan. Atau juga salah satu pasangan merupakan seorang pekerjaan kantoran dengan jadwal berangkat pagi pulang menjelang maghrib. Konsisi tersbut mengakibatkan semakin jarang karena pasangan hanya memiliki waktu yang sedikit untuk berkumpul dengan keluarga atau pasangannya . Oleh karena itu perlu dilakukan suatu gerakan atau tindakan agar hubungan yang terjalin dapat tetap langgeng dan awet. Bagaimana caranya?
Caranya lakukan suatu pekerjaan secara bersama-sama. Seperti membuat makanan secara bersama-sama, membersihkan rumah bersama-sama ketika libur, atau berolahraga barsama ketika di akhir minggu. Kebersamaan yg terjalin selama melakukan aktivitas atau kegiatan tersebut dapat membangkitkan rasa sayang, saling membutuhkan, dan sikap respect.

3. Berikan kejutan-kejutan kecil untuk pasangan.
Siapa yang tidak suka kejutan (kejutan bahagia)? Semua orang menyukai kejutan, terutama yang baik dan bisa menyentuh hati pasangan, terutama untuk wanita. Oleh karena itu untuk pasangan, sesekali berilah pasangan anda kejutan-kejutan kecil, tidak perlu mahal, seperti membelikan satu tangkai bunga, membawakan sarapan ketika ia bangun di hari libur, memeluknya dr belakang (bagi yang sudah halal ya), dan lain-lain.

4. Pujilah pasangan anda atas apa yang telah ia lakukan.
Dipuji tidak hanya disukai oleh anak kecil saja, para orang dewasa juga masih menyukai untuk dipuji. Begitu juga untuk pasangan kekasih ataupun pasangan menikah. Berilah pujian-pujian kecil atas apa yang dilakukan salah satu pasangan kita. Karena dengan pujian itu menandakan bahwa anda memperhatikan apa yang ia lakukan dan rasa apresiasi atas apa yang telah diperbuat.

5. Ingatkan ia mengenai hal-hal kecil.
Tidak dapat dipungkiri setiap manusia memiliki sifat pelupa, dan terkadang yang dilupakan itu merupakan hal-hal kecil tapi cukup penting, seperti: tanggal ulang tahun pasangan, hari anniversary (wedding), jadwal makan bareng, atau pergi berlibur bersama. Tidak hanya itu, terkadang salau satu pasangan (terutama pria) sering melupakan untuk membawa dompet, sarung tangan, masker, ataupun hal-hal kecil lainnya. Hal lain yang sering dilewatkan adalah jadwal makan, istirahat, minum air putih, dan olahraga ringan. Nah peran kita sebagai pasangan, sebaiknya selalu mengingatkan mereka mengenai hal-hal kecil tersebut, contoh mengingatkan ia untuk banyak minum air putih ketika bekerja, atau mengingatkan ia untuk istirahat sebentar ketika bekerja. Tindakan tersebut merupakan bukti atau penjelasan ringan bahwa kita care dan sayang kepada pasangan kita.

6. Panggilah dengan panggilan kesayangan.
“Beib”, “Bunda”, “sayang”, “neng”, “kanda”, “dinda”, merupakan sedikit contoh panggilan yang sering digunakan sebagian pasangan di Indonesia. Tahukan anda penggunaan panggilan kesayangan tersebut dapat memecahkan kekakuan atau ketegangan di antara kedua pasangan. Hal ini dikarenakan dengan penggunaan panggilan kesayangan adanya rasa special yang dirasakan oleh salah satu pasangan tersebut. Ia akan merasa berarti dan selalu dihati, teruma untuk kaum perempuan. Namun yang perlu di sadari oleh para pasangan adalah untuk membuat panggilan kesayangan, buatlah dengan julukan yang baik dan mudah untuk dipanggil, serta ketika menggunakannya gunakanlah suara yang lembut dan penuh dengan cinta dan makna. Hal tersebut akan lebih cepat menyentuh hati pasangan, berarti, serta terkenang.

Itu tadi beberapa cara untuk mencintai dan menghargai pasangan anda yang saya dapatkan berdasarkan penglihatan dari kedua orang tua dan sekeliling saya, serta cerita atau curhatan piha-pihak tertentu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: