Menyulap Lantai Plester Semen Menjadi Cantik

Published March 11, 2014 by dita8

Tidak semua rumah di Indonesia sudah menggunakan keramik (porselen) atau marmer pada lantai mereka. Masih banyak rumah-rumah di Indonesia yang menggunakan semen halus (plester) untuk membentuk lantai rumah, terutama pada rumah-rumah sederhana (RSS). Penggunaan lantai plester ini sendiri bertujuan untuk menghemat biaya pembangunan rumah.

Untuk menyulap lantai plester semen anda yang terlihat kusam dan biasa menjadi cantik, berkilau, dan enak untuk di injak, ada beberapa cara yang dapat anda lakuak diantaranya yaitu dengan memanfaatkan Ampas Kelapa dan Minyak Solar (Solar). Jika menggunakan ampas kelapa, anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

    Siapkan ampas kelapa yang sudah di ambil santannya.
    Sapu lantai sampai bersih dan kotoran dan pasir yang ada.
    Pel lantai plester anda seperti biasa dengan air bersih. Hal ini bertujuan agar kotoran-kotoran yang tertinggal bersih, kemudian keringkan.
    Setelah kering, ambil ampas kelapa yang telah disiapkan, dan gosokkan ke seluruh lantai sampai merata.
    Biarkan ampas yang telah anda gosok tadi sekitar kurang lebih 30-60 menit, kemudian bersihkan ampas dengan cara di sapu.
    Lakukan proses ini minimal 1 minggu sekali di 2 bulan pertama, untuk mendapatkan hasil yang lebih cantik, licin, dan berwarna gelap. Setelah itu anda dapat melakukannya setiap 2 minggu sekali untuk tetap mempertahankan kondisi yang licin dan warna yang lebih gelap.

Jika anda menggunakan solar, maka langkah yang anda lakukan tidak jauh berbeda dengan penggunaan ampas kelapa. Pada langkah ke empat (4) anda ganti ampas kelapa yang digunakan untuk menggosok lantai dengan solar yang masih segar dan bersih (bukan solar bekas pakai). Setelah di gosokkan ke lantai, solar juga di diamkan beberapa saat, lalu di lap atau dibersihkan dengan lap kering secara menyeluruh. Penggunaan solar memang lebih cepat terlihat hasilnya, namun jika anda menggunakan solar maka anda harus menghindari adanya api yang menyentuh lantai. Hal ini dikarenakan takutnya nanti akan menyambar dan mengakibatkan kebakaran.

Itu tadi beberapa tips mempercantik lantai plester anda. Tidak perlu takut dan malu menggunakan lantai plester semen di rumah anda, selain memberikan kesan yang berbeda, jika anda mengetahui dan dapat merawatnya dengan benar, maka lantai plester semen anda tidak kalah cantiknya dengan lantai marmer atau porselen. Selamat mencoba.

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: