Kota Pekanbaru Ku di 2014

Published March 14, 2014 by dita8

Hai semua, kali ini saya tidak akan membahas sesuatu yang serius ataupun memberikan tips-tips mengenai sesuatu. Kali ini saya hanya ingin sedikit curcol (sesekali curcol boleh lah ya). Kalian pasti akhir-akhir ini lebih sering mendengar mengenai jatuhnya pesawat Malaysia Airlines kan? Sepertinya itu berita sudah sangat mendunia dan mengIndonesia. Hampir seluruh stasiun tivi membicarakan mengenai tragedi itu.

Selain itu, pernah kah atau seberapa sering kalian mendengar mengenai musibah Asap yang melanda provinsi Riau. Ehmm, tapi sebelumnya, apakah kamu tau Riau itu dimana? Banyak sekali orang Indonesia yang tidak tau Riau dimana. Riau itu terletak di Pulau Sumatera, jadi jangan salah lagi ya mengatakan kalau Riau itu di Kalimantan.

Tahun ini kondisi di Riau sudah sangat mengkhawatirkan teman. Kami sudah sulit untuk bernafas lega dan menghirup udara segar. Sudah banyak anak-anak dan orang dewasa yang terkena penyakit ISPA. Sudah lama sekolah-sekolah diliburkan. Sudah lama pula kami merindukan turunnya hujan. Tahu kah teman, di sini sudah 2 bulan tidak turun hujan. Dan sudah hampir di seluruh kota melaksanakan sholat istisqo. Kejadian tahun ini hampir sama dengan kejadian tahun 1997. Dan tahukaj kamu, ini (katanya) belum mencapai puncaknya yang biasanya terjadi di bulan Juni-Juli. WHAT? Lalu kami harus bertahan hingga bulan itu datang?

Sudah banyak yang pergi mengungsi keluar daerah, kekampunya masing-masing terutama yang memiliki anak balita dan punya dana dan punya kendaraan pribadi. Karena kalau mau naik pesawat, bandara kami sudah ditutup dari tanggal 9 Maret lalu. Ntah sampai kapan akan dibuka kembali. Lalu para Lansia, ibu hamil, penderita saluran pernapasan, balita yang tidak punya kendaraan dan dana harus bagaimana? Yang kampungnya di Riau sendiri, bagaimana?

Dimana-mana sudah banyak Broadcast BB yang dikirim oleh pemilik gadget ini. Salah satunya:

TOLONG SHARE AGAR DUNIA TAHU APA YANG TERJADI DI PROVINSI RIAU
1. Sudah 1 bulan lamanya Riau di selimuti kabut asap , dan puncak level sangat bahaya kemarin dan saat ini , dengan asumsi 1% Oksigen 99 % Racun.
2. Dinas kesehatan Riau melarang ibu-ibu hamil untuk keluar rumah karena bisa mengugurkan kandungan
3. Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Riau, hingga Senin (10/3/2014) tercatat 41.500 orang menderita ISPA. ini data yang berobat dan belum masuk data saat ini.
4. Helikopter Pemadam tidak bisa menjalankan tugas karena jarak pandang yang hanya 3 meter.
5. Sudah terdapat korban tewas Muhammad Adli (63), petani asal Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Tanjung Pinang Barat, Kabupaten Meranti, Riau. Ia ditemukan tak bernyawa di dekat kebunnya yang dipenuhi asap sangat pekat di dekat lokasi pembakaran hutan. (kompas.com)
6. Gubernur Riau sudah pasrah.
7. Presiden akan bertindak 1-2 hari ke depan (twitter).
8. Bandara internasional Sultan Syarif Kasim II ditutup hingga waktu yang belum ditentukan.
9. Terdapat 6 juta warga Riau yang terkepung oleh asap beracun.
10 .Sudah 1 minggu ini sekolah dan perkuliahan diliburkan.Kami harap pemerintah pusat segera menetapkan kondisi Riau sebagai bencana Nasional

Itulah kondisi kami di sini. Tadi pagi (14 Maret 2014) saya mendengar berita, ternyata kandungan yang terdapat di asap Riau ini hampir sama dengan kandungan asap yang digunakan pemerintah Nazi dalam kegiatan GENOSIDA mereka, yaitu HCN. Bedanya kandungan yang dipakai pemerintah nazi dlm jumlah besar, sedangkan di asap Riau masih sangat sedikit. Tapi sedikit demi sedikit, terutama untuk anak kecil dan penderita penyakit pernapasan akan merasakan dampak yang sangat besar. Untuk jangka waktu dekat, dampak asap ini hanya sesak nafas, ISPA, atau pusing. Sedangkan dalam jangka waktu panjang, dampaknya akan menyebabkan kanker paru-paru, anak-anak yang dilahirkan menjadi idiot dan kelainan fisik, dll.

#SAVEFORRIAU #SAVEFORPEKANBARU

Hanya ingin sekedar curcol, soalnya penuh juga ini otak, dan sesak juga ini nafas memendam apa yang ingin di sampaikan.Kami harap kalian semua ikut mendoakan kami di sini. Semoga Asap ini akan selesai. Seperti halnya lagu alm chrisye:
“Asap pasti berlalu, musim terus berganti. Asap pasti berlalu”

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: