Tips: Membersihkan Noda dan Kusam Pada Dinding Rumah Anda

Published March 17, 2014 by dita8

Pada umumnya rumah-rumah di mana-mana lebih sering menggunakan cat tembok berwarna cerah atau terang untuk di dalam rumah, khususnya ruang keluarga dan ruang tamu. Hal ini dilakukan agar memancarkan kesan hangat dan ceria serta memancarkan rumah yang luas. Padahal warna-warna cerah tersebut sangat riskan terlihat kotor jika secara tidak sengaja ataupun sengaja kita mengotorinya (walaupun sekarang sudah ada cat yang bisa dicuci atau anti noda).

Apalagi jika anda memiliki anak kecil yang dengan sengaja atau tidak menemplokkan tangan yang kotor dan berminyak ke dinding atau mencoret-coret permukaan dinding untuk berkreasi menumpahkan imajinasi mereka. Selain coretan ataupun templokkan tangan anak-anak, gesekan antara benda-benda atau furniture dengan dinding juga dapat menghasilkan noda yang cukup terlihat oleh tamu. Atau debu-debu yang menempel lama di dinding karena tertutup furniture rumah. Bisa juga, bercak coklat timbul akibat dari badan atau tangan yang menempel ke dinding dalam waktu lama dan sering.

Noda-noda seperti itu jika tidak langsung di bersihkan akan menempel, kotor, kusam dan membekas serta terlihat oleh tamu. Dan kebanyak orang-orang melakukan pengecetan ulang agar dinding terlihat cerah kembali dan bersih. Padahal ada cara murah dan mudah yang bisa dilakukan di rumah.

Beberapa hari yang lalu saya diajak mama saya untuk membersihkan dinding rumah, ceritanya lg kerja bakti mencerahkan dan membersihkan kembali dinding rumah yang sudah banyak noda yang menempel. Mama mengajarkan saya bagaimana membersihkan kotoran dan noda tersebut. Dan ternyata caranya tidaklah susah dan mahal hanya membutuhkan air, sabun cair,sikat lembut, dan kain lap.

Mama mendapatkan tips ini dari tetangga saya, beliau merupakan orang yang pembersih sekali. Kata beliau jika kotorannya dalam kategori “ringan”, cukup dibersihkan dengan menggunakan lap basah saja. Namun, jika kotoran tersebut menempel atau dinding terlihat kusam, maka gunakan sabun cair atau deterjen yang sudah di campur dengan air. Oh iya, campuran keduanya tidak perlu banyak-banyak. Dan gunakan sikat untuk membersihkan nodanya. Setelah di sikat, dinding langsung dilap dengan lap bersih yang telah disiapkan, sebaiknya cari kain yang dapat menyerap air seperti handuk.

Setelah anda melakukan hal tersebut, maka akan terlihat hasilnya. Dinding akan terlihat bersih dan cerah kembali.

Catatan: metode ini sangat tidak dianjurkan jika rumah anda menggunakan cat dinding dengan kualitas rendah. Hal ini karena, jika anda menggunakan cat dinding kualitas rendah, maka cat akan ikut luntur saat anda membersihkan dinding tersebut. Selain itu juga tidak dianjurkan pada dinging dengan lapisan wallpaper dan terdapat model cat yang beragam.

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: