Masalah Pasti Akan Berlalu

Published April 1, 2014 by dita8

Masalah dan ujian yang datang kepada kita merupakan bukti cinta Alloh kepada kita. Jika kita msh diberi ujian, kesenangan, cobaan, atau masalah berarti Alloh masih sangat perduli dan sayang kepada kita. Ketika kesulitan datang, Dia menginginkan kita lebih dekat lg kepada-Nya, mengadu kepada-Nya, berduaan dengan-Nya di sepertiga malam. Dan ketika kesenangan datang dengan besar kepada kita, Dia menginginkan kita untuk tetap dekat dengan-Nya, bersyukur atas nikmat-Nya, dan saling berbagi dengan hamba-Nya yang lain.

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, kesedihan yang dirasakan oleh seluruh manusia itu merupakan hal manusiawi. Namun, yang harus kita ketahui adalah semua badai pasti akan berlalu. Semua masalah, tekanan, cobaan pasti akan berlalu dan selesai. Lama tidaknya penyelesaian itu tergantung dari kitanya sendiri.

»»» Ada sebuah cerita, yang terdapat di dalam buku “Holaqoh Cinta”: «««

»»»»¤¤¤¤¤««««
Hari itu adalah hari perpisahan bagi murid-murid tingkat akhir di sebuah PinPes di Jawa. Ada sebuuah kebiasaan baik menjelang perpisahan, yaitu ketika sang kiai pemimpin pesantren memberikan petuah singkat. Petuah yang begitu dinanti oleh segenap santri, karena mereka sadar apa yang akan di sampaikan oleh orang yang mereka hormati itu adalah demi kebaikan dan kesuksesan mereka.
Dengan perlahan, kiai melewati barisan santri yang duduk bersila di Masjid Jami. Sampai di mimbar, sang kiai membuka pidatonya dengan ucapan syukur dan salawat, kemudian beliau diam sejenak hingga suasana menjadi hening. Lalu, beliau menyampaikan pidatonya.
“Anak-anakku, hidup ini selalu ada saat sulit dan saat mudah. Kadang ada kondisi yang menyempitkan dadamu. Kadang, ada pula peristiwa yang melambungkan dirimu. Karenanya, aku punya satu pesan untuk kalian. Inilah pesan agar kalian bisa melewati ujian kesenangan maupun cobaan kesedihan. Dengarkan baik-baik, dan tanamkan dalam hatimu kata-kata yang keluar dari mulutku: SEMUA INI AKAN BERLALU.
Semua ini akan berlalu. Hunjamkan kata-kata itu di dalam hati kalian. Semua ini akan berlalu. Dalam kondisi berhasil dan senang, ingat-ingatlah, semua ini akan berlalu, maka kalian tidak akan sombong dan lupa diri karenanya. Dalam kondisi sulit dan gundah, ingat-ingatlah, semua ini akan berlalu, maka kau akan menjadi tenang dan tak putus harapan.
Semua ini akan berlalu. Semoga bermanfaat bagi kalian”
»»»»¤¤¤¤¤««««

Kesulitan ataupun kebahagiaan itu merupakan sunatullah. Tidak ada satu makhluk pun yang dapat menghindar dari sunnatullah. Yang perlu kita ingat adalah Kesulitan yang kita alami pasti akan berlalu. Ketika kamu merasa penat, capek, letih lelah, ingatlah janji Alloh dalam Q.S Al-Insyirah:5-6 yaitu
“Karena, sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudaha.”

Selain itu, ketika kita ditimpa kesulitan maka berusahalah untuk terus berprasangka baik kepada Alloh. Bangunlah, tumbuhkanlah sebuah harapan dan keyakinan bahwa Alloh akan selalu mengurus urusan kita, Dia akan selalu bersama kita, mengawasi kita, menemani kit, dan tidak akan menyerahkannya kepada yang lain maka yang ada hanya yang terbaik untuk kita. Hasbunallahu wani’mal wakil, cukuplah Alloh menjadi penolong kami dan Alloh adalah sebaik-baik pelindung.

Ingatlah barisan-barisan tulisan ini, yang diriku ambil dari buku “Holaqoh Cinta”:

Bahwa ada yang selalu memperhatikan keadaan kita, Dialah Alloh.
Bahwa ada yang selalu menerima cinta kita bagaimana pun keadaan kita, Dialah Alloh.
Bahwa ada yamg selalu bahagia menyambut tobat kita, Dialah Alloh.
Bahwa ada yang selalu menginginkan yang terbaik untuk kita, Dialah Alloh.
Bahwa ada yang selalu merawat kita, baik ketika kita sadar atau tidak, Dialah Alloh.
Bahwa ada yang selalu ingin kita bahagia, Dialah Alloh.

Sumber: “Holaqoh Cinta”

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: