Ujian Kehidupan yang Kita Hadapi Itu Tanda Cinta Alloh

Published April 1, 2014 by dita8

Lagi mandek inspirasi nulis ceritanya, lalu beralihlah ke buku (ntah saya salah makan apa, malah beralih ke buku). Awalnya hanya untuk refreshing sebentar saja, tapi ternyata malah keterusan. Hal ini di karenakan saya mendapatkan jawaban solusi dari doa yang selama ini saya sampaikan. Ternyara benar, Alloh menjawab doa hambanya dengan cara yang tak terduga -duga dan terkadang di luar harapan kita. Kurang lebih hal yang saya dapatkan dari membaca tidak lebih dari satu bab buku itu antara lain:
»»»»»¤¤¤¤¤«««««

Kalau kita mau berfikir jernih, penolakan bisa jadi awal terbukanya kesempatan. Ditinggalkan boleh jadi awal datangnya sebuah harapan.
Merelakan bukan akhir dari segalanya, tapi sikap mulia yang dapat membuka babak baru dalam hidup kita. Dalam kerelaan tersimpan kejernihan hati dan kejujuran sikap. Kebahagiaan yang datang kepada kita akan lebih indah dari pada angan-angan yang tak pernah menjadi nyata. Tak perlu bersedih. Semua akan menyapa kita jika waktunya telah tiba, yaitu ketika akad terucap dan harapan tak lagi hanya melayang di awang-awang”

“Dan Kami uji mereka dengan nikmat yang baik-baik dan benacana yang buruk-buruk, agar mereka kembali kepada kebenaran” (QS. Al-A’raf: 168)


Ujian berupa kebahagiaan, keindahan , dan kemudahan adalah ujian untuk rasa syukur kita. Sementara ujian yang berupa kesusahan, musibah, dan kesulitan merupakan ujian bagi kesabaran kita. Semua ujian yang Alloh berikan kepada kita adalah wujud cinta-Nya kepada kita. Ujian adalah jalan Alloh untuk memberikan kebaikan kepada kita.

Kalau ujian ini membuat kita kembali kepada-Nya maka ujian ini adalah hidayah yang mesti kita syukuri. Dan kemampuan kita untuk bersabar saat ujian datang adalah nikmat terbesar yang harus kita syukuri.

Kata Buya Hamka Ujian dari Alloh tak ubahnya anak tangga yang bertingkat-tingkat. Tiap anak tangga dinaiki, datang dari bawah suatu pukulan hebat mengenai tubuh orang yang mendaki. Kalau tangannya kuat bergantung, kalau kakinya kuat berpijak, dan kalau akal pikirannya tetap waspada, pukulan itu malah akan mendorong dan menaikinya ke anak tangga yang lebih tinggi.

“Apa yang ada, sebenarnya sudah harapan kita. Kadang, Alloh menyembunyikan mentari, dan kita gelisah tidada henti. Lalu, Alloh mendatangkan kilat dan guruh, sehingga hati kita terus-menerus mengeluh. Hati kita sedih mencari cahaya. Padahal Alloh ingin memberikan kita sebuah pelangi.”

Dalam hidup, kadang kita terjatuh. Harapan yang kita miliki seakan terlepas dari genggaman, impian yang kita punya seperti menguap begitu saja. Hati kita terasa sakit, jauh lebih sakit dibandingkan tubuh yang terpelanting dari tempat yang tinggi. Saat itulah, kesabaran kita di uji.

Kesedihan itu manusiawi. Namun, kesedihan gak akan berdampak apapun, kecuali membuat pikiran kita tertutup terhadap kebaikan. Hanya kedekatan dengan Alloh dan percaya terhadap ketetapan-Nya yang bisa mengurai kusut hati kita. Semua yang ada di kolong langit ini berjalan sesuai waktu-waktu yang telah di tetapkan. Gak ada yg bisa menentukan selain Alloh tentunya.

Alloh itu Maha luas kasih sayangnya. Dia gak akan menguji hamba-Nya kecuali ingin melihatnya ingat, mengadu, dan memohon kepada-Nya. Alloh gak akan menguji kita, kecuali Dia tahu bahwa kita mampu melewatinya.

“Ya Alloh, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebimbangan akan masa depan dan sedih atas apa yang telah terjadi. Aku berlindung kepada-Mu dari rasa lemah dan malas. Aku berilindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir. Dan, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan kewenang-wenangan”

Sumber buku: Holaqoh cinta “Follow Your Prophet, Find Your True Love”

01 April 2014

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: