Tiga Resep Menjadi Orang Yang Dicintai

Published June 3, 2014 by dita8

Siapa yang tidak ingin dicintai? Sepertinya tidak ada. Setiap orang, makhluk hidup pasti menginginkan menjadi orang yang dicintai. Dicintai itu untuk banyak orang lebih menyenangkan dan menggembirakan dibandingkan mencintai.

Akhir-akhir ini saya banyak menulis mengenai Cinta. Kenapa? Karena seperti yang pernah saya ungkapkan, cinta itu agung, cinta itu terlalu jahat untuk dipermainkan. Dan Cinta itu merupakan suatu rasa yang hadir dan dihadirkan oleh Alloh kepada setiap hambanya.

Saya baru saja membaca buku“Nashaihul Ibad (Nasihat-nasihat untuk Para Hamba menjadi Santun & Bijak)” dari Imam Nawawi Al-Bantani. Di buku tersebut ada banyak sekali nasehat-nasehat yang diberikan. Salah satunya yang ingin saya bagikan adalah “Tiga Resep Menjadi Seseorang Yang Dicintai”.

Dalam buku tersebut tertulis ada tiga cara/resep menjadi orang yang dicintai, Utsman RA berkata:

    1. “Barang siapa yang menjauhi keduniawian, niscaya akan dicintai oleh Alloh.
    2. Barang siapa yang menjauhi dosa-dosa, akan dicintai oleh para malaikat.
    3. Barang diapa yang menanggalkan ketamakan terhadap milik orang lain, niscaya akan dicintai oleh orang lain.”

Dari perkataan Utsman tersebut, diketahui untuk menjadi orang yang dicintai, sebaiknya kita menjauhi keduniawian, dosa-dosa, dan menanggalkan ketamakan. Waaahhh??? Susah ya sepertinya. Terutama keduniawian. Tapi, agar kita bisa menjadi orang yang dicintai kita harus semangat.
(ง’̀⌣’́)ง ( `з´ )9

Di buku ini dijelaskan, bahwa menjauhi keduniawian ini bukan berarti kita tidak boleh menikmati hidup di dunia ini. Tapi, maksudnya adalah dengan tidak bermegah-megahan, mengurangi makan-minum yang berlebih-lebihan dan mendatangkan keburukan, dan tidak suka kepada pujian yang berasal dari manusia. Tahukah kamu, pujian yang datang dan singgah di diri kita itu bisa diibaratkan racun dengan kategori ringan, namun secara perlahan dan jika terus-terusan akan mengakibatkan kematian (kematian hati). Kenapa? Karena pujian itu dapat menimbulkan sifat riya’ dan sombong. Jika manusia sudah sombong, Waaaahhh manusia sudah merasa dia PERFECT.

REMEMBER, Alloh tidak menyukai hamba-Nya yang riya’ dan sombong. Kita ini hanya manusia biasa, masih banyak kekurangan dan celah-celah dari diri kit. Jadi, untuk apa kita sombong.

Orang yang meninggalkan dosa-dosa akan sangat-sangat dicintai oleh malaikat. Kenapa? Karena, dengan kita tidak membuat dosa, maka kita sudah mengurangi beban malaikat untuk mencatat keburukan-keburukan yang telah kita lakukan. Nah loh? Begini, kalau kita melakukan dosa, maka malaikat akan bertambah kerjanya untuk mencatat dosa-dosa yang kita perbuat. Tugas malaikat itu banyak. Paling tidak dengan kita begitu, kita membantu malaikat deh.

Orang yang menghindari sifat tamak akan dicintai oleh sesama manusia. Kenapa? Karena berarti orang tersebut mudah untuk berbagi, ringan tangannya untuk saling menolong. Siapa sih yang tidak suka untuk dibantu? Tidak ada kan. Apalagi dibantunya dengan senyum ikhlas, dan tidak ada pengungkit-ungkitan cerita di kedepannya. Waahh pasti menyenangkan. Dan orang-orang yang melakukan demikian, akan banyak sekali doa yang mengalir kepadanya semoga ia mendapatkan yang terbaik, dimurahkan rezekinya, diperlancar segala urusannya.

Nah, setelah saya berbagi tulisan mengenai “Tiga Cara Menjadi Orang Yang Dicintai”, mari kita sama-sama lebih memperbaiki diri, lebih memperpantas diri, lebih meningkatkan lagi kualitas diri agar dapat menjadi orang yang pantas untuk dicintai oleh sesama manusia, atau bahkan oleh seluruh makhluk di muka bumi dan alam semesta, dan bahkan menjadi seseorang yang dicintai oleh ALLOH SWT.

Wallahu’alam.

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: