Mengatasi Temper Tantrum Pada Anak

Published August 9, 2016 by dita8

​Apakah anda pernah mendengar istilah Temper Tantrum ? Atau anda pernah menghadapi kondisi demikian selama mengasuh anak? 

Temper tantrum itu letupan kemarahan atau emosi anak yang tidak terkontrol dan bersifat negatif dikarenakan dia tidak bs menjelaskan maksud dan tujuan. Kondisi ini bisa kita lihat ketika anak berteriak, mennagis histeris, menendang, melempar, bergelinyang, hingga menghantamkan anggota tubuh ke lantai atau dinding.

Nah temper tantrum ini dialami anak2 sampai dia usia 5-6 tahun. Apabila temper tantrum tidak bs dikendalikan sebelum anak usia 5-6 tahun bisa mengakibatkan letupan itu sampai dia dewasa mas. 
Lalu apa saja penyebab dari timbulnya Tenper Tantrum pada anak? 
Beberapa orang mengira bahwa kondisi ini dikarenakan turunan dari orangtua mereka. Padahal hal ini tidak ada hubungannya dengan sifat orangtua.  Atau dalam arti tidak di turunkan oleh orangtua. 

Beberapa penyebab dari timbulnya Temper Tantrum pada anak antara lain:
1. Disiplin yang tidak konsisten, 

2. Orang tua mengkritik terlalu banyak, 

3. Orang tua yang terlalu Protektektif atau lalai.

4.  Anak-anak yang tidak memiliki cukup cinta dan perhatian dari orang tua mereka, biasanya pada orangtua yang sibuk kerja dan kehidupan masing-masing.

5. Ada masalah dengan pernikahan, sehingga anak terabaikan dan berkembang sendiri, anak broken home

6. Adanya gangguan bermain, baik untuk masalah emosional orang tua

7. Bertemu dengan orang asing yang dia tau ini cara dia meminta sesuatu. Dan ibu atau uaangtua uaangtuanya tidak mau kelihatan malu jika anak teriak atau berlaku agresif.

8. Adanya persaingan dengan saudara kandung baik dalam hal mainan, perhatian atau kepemilikan barang. Hal hal tersebut seringnya menimbulkan rasa cemburu dengan saudara sendiri. 

9. Kesulitan komunikasi karena memiliki masalah dengan bicara, 

10. Memang ada penyakit atau kelainan yg menyebabkan ia merasa berbeda dan sulit dimengerti. Seperti autis dan beberapa penyakit mental. 

11. Selain itu juga ketika anak merasa lapar atau lelah mereka jg bs timbul temper tantrum. 
Dari sebanyak itu penyebab yang ada seringnya masalah disiplin dalam hal pengasuhan menjadi masalah UTAMA yang menyebabkan seringnya timbul Temper Tantrum pada anak.

Jadi, bagaimana caranya untuk mengatasi kondisi demikian? 

Ada beberapa langkah atau cara mengatasi temper tantrum pada anak yang bs kita lakukan mas: 
1. Orang tua harus tetap tenang.

2. Orang tua terus lakukan kegiaAbaiyg sedang di lakukan. Abaikan saja anak kita sampai dia lebih tenang dan ingatkan kembali aturan yang sudah disepakati bersama. Misalnya: tenangkan diri dulu baru ibu atau ayah akan ajak kamu berbicara ya sayang.
3. Jangan pernah memukul anak ketika ia sedang tantrum. Lebih baik ketika ia sudah reda dekap anak dalam pelukan sampai anak lebih tenang dan nyaman.
4. Kita ajak berbicara anak untuk mencoba menemukan alasan kemarahan pada anak kita. 
5. Jangan pernah menyerah pada kemarahan anak. Ketika orang tua menyerah, anak-anak belajar untuk menggunakan perilaku yang sama ketika mereka menginginkan sesuatu.
6. Jangan membujuk anak kita dengan imbalan apapun untuk menghentikan kemarahannya. Karena anak kita akan belajar untuk mendapatkan imbalan dengan mengulangi lagi di ekmudian hari. 
7. Kalau sudah reda. Sudah di ajak berbicara, kita bisa mengarahkan atau mengalihkan perhatian anak pada sesuatu yang lain. Jd kayak kegiatan positif. 
8. Pastikan untuk mengamankan sekeliling anak dr bahan2 berbahaya.
9. Berikan sedikit pujian dan penghargaan perilaku bila tantrum telah selesai, setelah kita mengajak kegiatan positif tadi .
10. Yang ahrus diingat untuk tetap menjaga komunikasi terbuka dengan anak (dengan pasangan juga begitu).
Itu tadi sedikit sharing ilmu terkait Temper Tantrum pada anak. Semoga bermanfaat untuk menambah informasi dan wawasan dalam mengasuh anak kita. 

Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: