Pengukuran Tumbuh Kembang Anak bagian 1

Published August 10, 2016 by dita8

Tahun 2014 awal, saya membuat satu tulisan dalam bentuk PDF mengenai pengukuran tumbuh kembang anak. Di dalam tulisan itu ada beberapa alat ukur yang bisa digunakan untuk menilai awal apakah anak kita tumbuh dan berkembanh sesuai usia dan tahapan perkembangannya. Dan apabila anda berminat, anda bisa mengirim email kepada saya (ditaputriastrini@gmail.com) sehingga saya bisa mengirim soft file tulisan saya itu secara gratis.

Sebelum kita mengukur perkembangan anak kita, kita harus mengetahui terlebih dahulu apasih PERKEMBANGAN itu, dan apasih bedanya dengan PERTUMBUHAN. Apakah ada dari bunda yang mengetahui dan memahami perbedaan dan pengertian PERTUMBUHAN dan PERKEMBANGAN?

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua konsep yang berjalan beriringan dan tidak dapat dipisahkan. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan setiap anak berbeda-beda sesuai dengan capaian usianya. Perkembangan bisa diartikan serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman, perkembangan bukan hanya sekedar penambahan beberapa sentimeter pada tinggi badan seseorang atau peningkatan kemampuan seseorang, melainkan suatu proses integrasi dari banyak struktur dan fungsi yang kompleks (Hurlock 1990). Perkembangan itu merupakan suatu proses yang berlangsung secara bertahap, sehingga bila saat kematangan belum tiba, anak tidak bisa dipaksa untuk meningkat kepada tahap berikutnya.Sedangkan Pertumbuhan adalah perubahan yang terjadi yang sifatnya bisa kita ukur seperti perubahan besar, jumlah, ukuran (berat, tinggi, usia), dan fungsi.

Tahapan pertumbuhan dan perkembangan setiap anak berbeda-beda sesuai dengan capaian usianya. Ada anak yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cepat dan ada anak yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang lambat. Cepat lambatnya tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh faktor perawatan dan pengasuhan anak yang baik.Perawatan mengacu kepada pemberian nutrisi yang baik, sementara pengasuhan mengacu kepada tersedianya lingkungan yang kondusif secara psikologis bagi anak. Pola pengasuhan anak yang baik dapat berfungsi sebagai stimulasi yang akan memacu optimalisasi perkembangan seorang anak. Perkembangan seorang anak meliputi 4 aspek perkembangan yaitu; 1) perkembangan psikomotorik, 2) perkembangan kognitif, 3) perkembangan sosial emosi, dan 4) perkembangan bahasa. (Andriany 2009).

Ada beberapa pola dalam perkembangan (Latifah, Hastuti 2009), yaitu :

1. Perkembangan terjadi dari yang umum ke khusus

2. Perkembangan berlangsung dalam tahapan-tahapan

3. Perkembangan dipengaruhi oleh kematangan dan latihan/belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: